Spot Wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

by sheilatour on March 15, 2015

Spot Wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu, ya kali ini Kita akan bahas spot wisata yang ada di Pulau Tidung. Hal ini menarik karena seperti yang kita ketahui, saaat ini Pulau Tidung merupakan wisata Pulau seribu yang paling banyak dikunjungi wisatawan, dan paling banyak menyita perhatian masyarakat pencinta Wisata Pulau Seribu. Semoga dengan bahasan kali ini para calon wisatawan Pulau Tidung dapat mengetahui spot wisata yang dapat mereka kunjungi di Pulau yang cantik ini.

Berikut spot wisata yang ada di Pulau Tidung dan sekitarnya, yang wajib Anda kunjungi :

Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung mempunyai dua pulau yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Pulau tersebut adalah Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil yang disatukan oleh sebuah jembatan penghubung. Pulau Tidung besar adalah pulau utama, pusat bermukimnya warga di Pulau Tidung ini.  Akomodasi dan fasilitas disini terbilang lengkap, Di pulau ini Kita dapat menyaksikan aktivitas warga kepulauan yang sangat menarik untuk di amati, juga keindahan alam sekitar pulau ini.

Pulau Tidung Kecil

Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang dihuni penduduk, Pulau Tidung Kecil bukan merupakan tempat pemukiman, dan hanya menjadi tempat dari budidaya mangrove. Sehingga keadaan alamnya masih kelihatan lebih natural dan lebih terjaga keindahannya. Di pulau ini kita dapat ikut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan menanam pohon mangrove dan kegiatan lain yang bersifat penyelamatan lingkungan.

Jembatan Cinta

Ini adalah spot wisata paling favorit di Pulau Tidung, Jembatan Cinta adalah Jembatan penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.  Dari atas jembatan yang sedang menjadi pembicaraan masyarakat ini, Anda bisa menyaksikan keindahan laut yang terhampar, dan panorama pemandangan pulau-pulau sekitar yang ada di sekelilingnya. Selain itu, wisatawan dapat bermain melompat ke dalam air dari jembatan, atau sekedar melakukan kegiatan berfoto mengabadikan keindahan Pulau Tidung dilihat dari Jembatan Cinta yang fenomenal ini.

Tanjungan Timur Pulau Tidung

Tanjungan Timur adalah sebuah pusat wisata, dimana Tanjungan timur berada disebelah timur dari  Pulau Tidung yang menawarkan banyak fasilitas dan kegiatan mulai dari kuliner khas  Pulau Tidung , olahraga air, pantai pasir putih, dan banyak lagi. Lokasinya berdekatan dengan Jembatan Cinta Pulau Tidung.

Tanjungan Barat Pulau Tidung

Tanjungan Barat berada diujung barat Pulau Tidung, dapat ditempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan sepeda dari pusat homestay, Untuk mencapai Tanjongan Barat, Anda akan melewati hutan kecil atau yang biasa disebut “Kebun” serta melalui sebuah desa kecil bernama “Kampung Baru”. Ditempat ini kita akan menyaksikan keindahan alam dan pantai yang tidak kalah bagusnya dari spot lain di Pulau Tidung.

Pantai Pasir Perawan

Setelah lelah berlama-lama menyusuri indahnya Pulau Tidung dengan berjalan kaki atau menggunakan fasilitas sepeda, Anda dapat beristirahat di Pantai Pasir Perawan. Pantai yang satu ini memiliki suasana yang indah dan menenangkan. Banyaknya pohon rindang menghalangi terik matahari, membuat suasana semakin sejuk dan membuat Kita semakin betah untuk berlama-lama disana. Ada yang unik di pantai ini, dimana area Pantai Pasir Perawan hanya terlihat pada waktu yang ditentukan, yaitu ketika air laut sedang surut, jadi jika Anda beruntung dapat melangkahkan kaki Anda di pasir itu, jangan lupa untuk mengabadikan karena tidak semua wisatawan mendapatkan kesempatan langka tersebut.

Pasir Berbisik Pulau Tidung

Pantai Pasir Berbisik  terletak di Barat Pulau Tidung, tepatnya setelah melewati  Kampung Baru . Pantai ini Dijuluki “Pasir Berisik” karena di pantai berpasir putih ini, Kita akan mendengar suara pohon cemara yang terkena hembusan angin sehingga suaranya sangat menyejukan hati pengunjung yang berada disana.

Pulau Payung

Pulau ini letaknya tak jauh dari Pulau Tidung, perairan sekitar pulau ini merupakan Taman wisata bawah laut, dimana kejernihan airnya, dan keragaman biota lautnya masih terjaga dengan baik. Kita akan menyaksikan ratusan ikan mengejar makanan ikan yang Kita bawa, juga terumbu-terumbu karang yang masih terlihat cukup terawat di perairan Pulau Payung ini. Untuk menuju kesana kita akan dibawa dengan perahu tradisional sekitar 20 menit perjalanan, perairan yang tenang dan keindahan alam sekitar membuat Kita akan semakin antusias.

Makam Keramat Panglima Hitam

Makam tersebut terletak di Pulau Tidung Kecil yang bisa diakses dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Makam tersebut merupakan makam dari seorang berjulukan Panglima Hitam, yang diyakini sebagai panglima perang yang ikut serta dalam perang gabungan kerajaan Islam di bawah pimpinan kerajaan Mataram melawan Belanda dalam merebut Batavia. Ia dipercaya oleh sebagian penduduk Pulau Tidung sebagai orang yang pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Tidung. Bersama sisa rombongan pasukannya saat itu ia menghindar dari kejaran tentara Belanda. Di pulau Tidung inilah Panglima Hitam bersembunyi hingga akhir hayatnya. Setelah kisah keberadaan makam ini terungkap, mulailah banyak warga dan wisatawan berkunjung ke Makam Panglima ini. Bahkan agent-agent perjalanan ke Pulau Tidung, menjadikan kunjungan ke makam ini sebagai bagian paket wisata Pulau Tidung mereka.

Makam Raja Pandita

Raja Pandita yang menurut kisah masyarakat Pulau Tidung adalah seorang pahlawan, dan juga seorang raja kerajaan Tidung Kalimantan yang diasingkan ke Pulau Tidung oleh Belanda pada masa penjajahan. Nama Pulau Tidung sendiri dipercayai berasal dari nama Kerajaan Tidung Kalimantan tempat dahulunya Raja Pandita berkuasa. setelah Makam tersebut ditemukan maka pemerintah setempat menjadikan Makam tersebut sebagai salah satu cagar budaya di Pulau Tidung.

 
 
 

ARTIKEL LAIN YANG SERUPA :

Previous post:

Next post: