Menanti beroperasinya Bandar udara di Pulau Panjang

by sheilatour on March 30, 2015

Bandar Udara Pulau Panjang terletak di Pulau Panjang, Pulau seluas 12,9 hektare itu terletak sekitar 40 mil atau 64,3 kilometer dari daratan Jakarta. Secara administrasi, Pulau Panjang masuk wilayah Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Jakarta.

Dahulu bandara ini sering didarati pesawat kecil, dan terakhir didarati sekitar tahun 1997. Namun setelah itu bandar udara tersebut terbelengkalai, kemudian dilakukan renovasi pada tahun 2006 namun lagi-lagi pembangunan dan renovasinya terhenti sampai saat ini.

Bandar udara ini sebelum tahun 2006 sudah memiliki ukuran landasan pacu 900 x 23 meter dan dapat didarati pesawat kecil kapasitas 10 orang, namun mulai tahun 2006 Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu telah melaksanakan pengembangan Bandar Udara Pulau Panjang. Dimana langkah pertama yang dilakukan adalah proses reklamasi pulau untuk pembangunan perpanjangan landasan pacu, karena dengan perpanjangan landasan pacu sampai 1400 meter, maka landasan pacunya hampir memenuhi panjang dari pulau ini.

Saat ini ukuran landasan pacu sudah berubah menjadi 1400 x 30 meter, Dengan pengembangan tersebut, saat itu diharapkan Bandar Udara Pulau Panjang akan dapat melayani penerbangan pesawat berkapasitas 50 penumpang. Selain memiliki landasan pacu, saat ini Pulau Panjang juga memiliki sejumlah bangunan penunjang lainnya.

Namun sayang, dengan terhentinya pembangunan dan renovasi yang dimulai pada tahun 2006, kondisinya kini cukup memprihatinkan dan membutuhkan banyak perbaikan.

Memang harus diakui, demi mewujudkan Pulau seribu agar menjadi wisata utama daerah DKI Jakarta, maka semua sektor pendukung harus bisa dimaksimalkan oleh pemerintah daerah, termasuk salah satunya melalui pengembangan moda transportasinya, baik transportasi darat, laut maupun udara, semua harus bersinergi dan dikembangkan dengan baik.

Kini dengan semakin majunya wisata Pulau seribu, dimana di tunjukkan dengan jumlah wisatawan tahun 2014 yang melebihi 2 juta pengunjung, saat ini banyak investor yang mulai tertarik untuk melakukan pengembangan Bandara udara Pulau Panjang. Dan rencananya sebelum pertengahan tahun 2015 ini, pembangunan renovasi dan infrastruktur bandara seperti menara pengawas, air traffic control dan apron, dermaga laut dan fasilitas pendukung lainnya akan segera di lanjutkan.

Kita harus yakin, pada saat Bandara udara Pulau Panjang tersebut dapat dioperasikan. Maka wisata Pulau seribu akan semakin berkembang dengan pesat. Tidak hanya menjadi wisata utama daerah jakarta, namun mempunyai potensi menjadi wisata utama nasional dan bahkan macanegara.

 

 

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

Previous post:

Next post: