Tips Aman Meninggalkan Hunian saat Liburan

by sheilatour on December 30, 2016

Disaat menjelang Tahun Baru, pasti banyak dari Anda yang pergi meninggalkan rumah dan tempat hunian untuk berlibur dalam rangka tahun baru baik ke Pulau seribu atau ke tempat wisata lainnya. Namun dengan berita-berita sekarang ini pastinya kita akan mempunyai kekhawatiran dan memikirkan rumah atau hunian yang kita tinggalkan dalam keadaan kosong tersebut selama liburan.

Seperti yang kita ketahui, Rumah atau hunian yang kosong merupakan incaran para kriminal yang menginginkan harta dan benda-benda berharga dengan cara yang tidak halal. Saat hari libur panjang merupakan salah satu waktu favorit bagi mereka untuk melakukan aksi kejahatannya. Dimana banyak rumah dan hunian lainnya yang ditinggal penghuninya saat berlibur. Dan juga seringnya bencana datang bahkan saat rumah kita kososng seperti kebakaran dan lainnya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang sering meninggalkan rumah kosong, Anda wajib melakukan langkah-langkah dibawah ini dalam rangka mengurangi risiko-resiko rumah atau hunian kita di bobol maling.

Mengunci Pintu Rumah

Hal yang paling penting dan jangan sampai terlupakan adalah mengunci seluruh pintu dan jendela hunian Anda dengan aman. Bila perlu, pasang fitur-fitur keamanan tambahan seperti alarm rumah baik di tembok rumah, pagar, jendela maupun dalam rumah. Alarm ini akan berbunyi jika ada orang yang mencoba untuk memaksa masuk ke hunian Anda. Saat ini harga alarm rumah sudah variatif dari yang berharga murah sampai berharga mahal dengan fitur-fitur yang lebih modern.

Ketika meninggalkan Hunian saat liburan, hindari menyimpan kunci-kunci ditempat-tempat yang terjangkau dan mudah di lihat atau diterka oleh pencuri. Karena hal tersebut akan mempermudah pencuri lebih leluasa masuk ke tempat hunian Anda.

Jangan Menunjukan Tempat Tinggal Sedang Kosong

Jangan pernah menunjukan bahwa rumah atau hunian sedang dalam keadaan kosong. Tetap nyalakan beberapa lampu di rumah agar rumah tetap terang dan tidak gelap. Karena jika rumah terlihat gelap pastinya akan memancing pencuri untuk mendekati rumah tersebut. Dan juga jangan menginformasikan kepergian kita kepada orang-orang yang tidak punya kepentingan, cukup orang-orang yang kita titipkan rumah selama kita pergi.

Titipkan Tempat Tinggal ke Tetangga Kepercayaan atau Aparatur Setempat

Menitipkan rumah yang akan ditinggalkan ke tetangga kepercayaan dan aparatur setempat seperti petugas keamanan, RT/RW adalah suatu keharusan. Minimal rumah yang kita tinggalkan masih dalam pengawasan orang-orang yang kita percayai. Dan jangan lupa tinggalkan kontak yang bisa dihubungi untuk keadaan-keadaan darurat.

 Mencabut Aliran Listrik, Gas dan PAM

Cabut seluruh aliran listrik dan gas didalam hunian Anda. Jangan lupa untuk mencabut seluruh kabel dari stop kontak agar mecegah terjadinya konslet dan mencegah terjadinya pembengkakan tagihan listrik yang pastinya juga tidak kita inginkan. Setelah itu, cabut selang regulator gas dari tabung gas dan kompor untuk mencegah terjadinya kebakaran dari tabung gas dan kompor. Untuk aliran air, matikan seluruh saluran PAM di rumah agar tidak terjadi kebocoran dan banjir air PAM saat rumah ditinggalkan.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat buat Anda, Selamat berlibur dan ‘Happy holiday’

Previous post:

Next post: