Pulau Seribu Menjadi Kandidat Predikat Warisan Kawasan Perlindungan Asia

by sheilatour on February 14, 2017

Pulau Seribu menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang masuk sebagai kandidat peraih predikat warisan kawasan perlindungan Asia. Selain itu wilayah lain yang menjadi kandidat adalah adalah kepulauan Wakatobi, Papua. Hal ini didapatkan setelah Lembaga konservasi lingkungan hidup ASEAN centre for Biodiversity  (sebuah lembaga antar pemerintah di organisasi ASEAN yang mengurusi tentang lingkungan hidup) mengusulkan Kepulauan Seribu Jakarta dan Kepulauan Wakatobi Papua sebagai kandidat peraih predikat warisan kawasan perlindungan Asia, dengan pertimbangan banyaknya keanekaragaman flora dan fauna yang perlu dilindungi.

Pulau seribu sendiri diketahui masyarakat luas sebagai detinasi wisata kepulauan, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa Kepulauan Seribu adalah bagian taman nasional (national park) dan cagar alam Indonesia. Kurang lebih 45 pulau di Kepulauan seribu dilindungi sebagai warisan alam yang sangat spesial. Pulau Rambut adalah salah satu contoh pulau di Kepulauan seribu yang mempunyai arti penting dalam ekosystem dunia. Dimana Pulau Rambut diketahui sebagai tempat singgah burung-burung yang bermigrasi antarbenua setiap tahunnya dari benua Amerika ke Afrika, benua Australia ke Asia dan sebaliknya. Maka tidak heran saat musim migrasi burung tiba, Pulau Rambut menjadi kerajaaan Burung di Kepulauan seribu karena banyaknya hadir burung-burung di pulau tersebut.

Pengembangan wisata alam Taman Nasional Kepulauan Seribu punya makna penting namun menjaga kelestarian alam di kepulauan ini merupakan hal yang jauh lebih utama. Dalam arti kata lain pengembangan pariwisata itu tidak boleh merusak kelestarian alam, justru harus menjadi bagian terpadu dari program pelestarian alam. Kita sebagai salah satu pencinta wisata Pulau seribu tentunya harus mengambil peran penting bersama pemerintah DKI Jakarta didalam mewujudkan Pulau seribu sebagai salah satu warisan kawasan perlindungan di Asia.

Referensi berita : Harian Online BeritaJakarta (Harian berita online resmi milik Pemda DKI Jakarta)

 

 

 

Previous post:

Next post: