Kerajaan Burung di Pulau Rambut Kepulauan Seribu

by sheilatour on February 14, 2017

Kerajaan Burung di Pulau Rambut Kepulauan Seribu – Pulau Rambut merupakan salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu Jakarta. Secara administratif Pulau Rambut termasuk dalam wilayah kabupaten Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Luasnya mencapai 45 hektare dan terletak di dekat pulau Untung Jawa, sebuah pulau yang mempunyai populasi cukup besar di Kepulauan seribu.

Orang Belanda menyebut pulau Rambut dengan nama Nidelberg dan pulau Middbur, dan pada masa penjajahan belanda dahulu, Pulau Rambut ditetapkan secara resmi sebagai cagar alam melalui Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 7 tanggal 3 Mei 1937 dengan luas kawasan sebesar 20 Ha. Tentunya dengan ini kita dapat mengetahui bagaimana spesialnya Pulau Rambut pada saat itu. Bahkan pada tahun 1999 terjadi perubahan status dari cagar alam menjadi suaka margasatwa yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 275/KPTS-II/1999 tertanggal 7 Mei 1999 tentang perubahan status Cagar Alam Pulau Rambut menjadi Suaka Margasatwa Pulau Rambut dengan luas 90 Ha yang terdiri dari 45 Ha daratan dan 45 Ha perairan. Hal ini semakin menegaskan spesialnya Pulau ini.

Spesialnya Pulau Rambut

Kita pasti penasaran ada apa di Pulau Rambut sehingga baik di masa pemerintahan Hindia Belanda maupun masa kemerdekaan Indonesia, Pulau rambut sudah demikian diperhatikan. Inilah fakta dibalik kenapa Pulau Rambut begitu spesial,

Burung, tepatnya puluhan ribu burung yang mendiami habitat di Pulau Rambut. Ya diperkirakan hampir dari 20 ribu burung dengan beberapa spesies tinggal dipulau ini, bahkan pada saat musim migrasi burung antar benua, dipulau ini akan dipenuhi sekitar 50-80 ribu burung yang berasal dari benua australia, afrika, amerika, dan asia yang bertujuan bermigrasi antar benua dan Pulau Rambut selalu menjadi tempat persinggahan utama mereka dari ratusan atau mungkin ribuan abad lalu.

Luar biasa bukan? sebuah tempat di Kepulauan seribu yang menjadi tempat spesial bagi spesies burung yang ada di dunia. Tentunya ini membuat kita sebagai masyarakat Indonesia menjadi bangga dengan keberadaan pulau yang sangat spesial ini.

Seperti yang kita ketahui, Pulau Seribu saat ini bersama kepulauan Wakatobi menjadi salah satu kandidat warisan kawasan perlindungan Asia, dan Pulau rambut adalah salah satu alasan mengapa Pulau seribu dipilih ASEAN untuk dijadikan kawasan tersebut.

Tidak sembarangan orang boleh masuk kawasan Suaka margasatwa di Pulau rambut ini, hanya orang-orang yang memiliki izin masuk dan dengan tujuan penelitian ataupun kegiatan konservasi alam yang dapat menikmati keindahan Pulau ini. Nah bagi Anda yang penasaran dengan pulau ini, Anda masih bisa berkunjung asal dengan niat baik melakukan kegiatan konservasi alam di Suaka margasatwa Pulau Rambut.

Pulau Rambut adalah sebuah anugerah alam yang bernilai sangat besar bagi Indonesia dan khususnya Kepulauan seribu serta Jakarta, tugas kita sebagai masyarakat bersama pemerintah untuk melestarikan dan menjaga Pulau Rambut agar tetap menjadi “Kerajaan dan istana bagi burung-burung” yang ada di Indonesia maupun dunia.

Previous post: