Dampak Reklamasi Jakarta bagi Wisata Pulau Seribu?

by sheilatour on May 28, 2017

Dampak Reklamasi Jakarta bagi Wisata Pulau Seribu – Kali ini kita tidak ingin membahas tentang dampak negatif atau positif tentang reklamasi pantai Jakarta terhadap lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, dan bagi masyarakat yang tinggal disekitar jakarta itu sendiri. Kali ini kami mau mencoba mengajak para pemangku kepentingan reklamasi Jakarta agar juga memikirkan dampak langsung terjadi jika reklamasi pantai utara Jakarta berhasil dilakukan sampai selesai bagi perkembangan Wisata Pulau Seribu, salah satu wilayah kecil di Jakarta yang jumlah masyarakatnya tidak terlalu banyak, namun sangat perlu diberikan perhatian dengan baik oleh kita semua.

Wisata pulau seribu kita ketahui merupakan daya tarik baru dan magnet wisata kota Jakarta. Pemerintah Indonesia sendiri telah menjadikan Pulau Seribu sebagai salah satu destinasi pengembangan prioritas ‘new Bali’. Artinya pemerintah kita sangat mengakui potensi besar yang dimiliki Kepulauan seribu, sebagai calon ‘Bali baru’ yang dapat menaikan potensi wisata di Indonesia secara keseluruhan.

Reklamasi pantai Jakarta memang sedang jadi berita hangat di Indonesia. Banyak pakar dan ahli lingkungan berpendapat. Ada yang mendukung dengan memberikan catatan dampak positif, ada juga yang tidak mendukung dengan memberikan banyak pertimbangan negatif dengan memaparkan contoh dampak negatif yang akan terjadi bila reklamasi tetap dilakukan.

Namun ada pertanyaan penting lainnya yang tidak boleh dilupakan oleh kita semua, utamanya bagi kami dan orang-orang yang mencintai Kepulauan Seribu Jakarta. Akankah reklamasi akan memberikan dampak positif atau justru akan memberikan efek negatif bagi perkembangan wisata pulau seribu secara keseluruhan.

Masyarakat Pulau seribu tentunya akan sangat berkepentingan dengan kajian tersebut. Karena efeknya akan langsung mereka rasakan begitu pelaksanaan reklamasi selesai dilakukan, dimana pulau-pulau baru berhasil dibangun dengan konsep modern dan kemewahannya yang pastinya berbanding terbalik dengan Kepulauan seribu yang merupakan sebuah kepulauan hasil alami proses alam yang sampai sekarang masih dipertahankan kelestariannya oleh masyarakat yang mencintainya.

Rencana bendungan besar disekitar pulau reklamasi, pembangunan pulau-pulau yang hampir mendekati pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu. Tentunya semua itu harus dipikirkan dengan matang dan benar-benar terencana dengan baik. Dengan kajian yang menyeluruh dan baik semoga dampak reklamasi bagi Wisata Kepulauan Seribu justru akan membuahkan hasil yang baik, dan juga pemerintah memperhitungkan keseluruhan aspek yang ada di sekitar wilayah reklamasi sehingga keputusannya akan membuat hal lebih baik lagi buat masyarakat Indonesia.

Previous post:

Next post: