Panduan Cara ke Pulau Seribu Saat Libur Tiba

by sheilatour on June 25, 2017

Panduan cara ke Pulau Seribu – Bicara liburan tentunya berhubungan dengan tempat-tempat wisata yang ada di wilayah kita maupun wilayah lain bahkan sampai wisata luar negeri. Objek wisata di Indonesia sangatlah banyak dan beragam jenis karakternya, dari wisata alam seperti wisata pegunungan, wisata laut, wisata pantai, wisata kepulauan, dan wisata tempat rekreasi yang dibuat khusus sebagai object wisata.

Jakarta sendiri sebagai ibukota negara mempunyai objek-objek wisata terkenal yang sudah diketahui masyarakat Indonesia. Bicara wisata jakarta tidak hanya bicara tentang berlibur ke taman rekreasi seperti taman impian jaya ancol, kebun raya ragunan, taman mini indonesia Indah, kota tua, monas dan objek wisata yang selama ini kita kenal. Anda pasti sudah membaca  yaitu objek wisata utama baru yang ada di jakarta yaitu Pulau seribu, sebuah kepulauan eksotis yang ada di teluk jakarta. Nah sebelum Anda berkunjung ke pulau seribu baiknya Anda membaca Panduan cara ke Pulau seribu yang kami berikan. Berikut informasinya :

Memilih Pulau yang akan di Kunjungi

Sebelum Anda memutuskan berkunjung ke Pulau seribu, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang informasi pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu. Namanya saja sudah Kepulauan seribu, walau jumlahnya tidak mencapai angka 1000 pulau, namun data dari pemprov menyebut total pulau di kepulauan ini berjumlah berkisar 300an pulau dan dengan 110 pulau yang sudah terdata secara lengkap.

Kepulauan Seribu sendiri terbagi dalam 2 wilayah secara administratif, yaitu Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan, yang dikelompokan berdasarkan lokasi pulau-pulau tersebut. Pulau seribu juga terdiri dari beberapa type fungsi pulaunya, ada pulau cagar alam, pulau resort yang dikelola pihak swasta, ada pulau pribadi yang diperuntukkan untuk kepentingan pribadi, dan terakhir pulau pemukiman/penduduk, dimana pulau tersebut dihuni dan didiami oleh masyarakat pulau yang hidup berkelompok.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pulau seribu tentunya kami akan merekomendasikan pulau-pulau yang sudah ada fasilitas untuk dikunjungi, baik itu pulau cagar alam, pulau penduduk, maupun pulau resort swasta. Namun untuk pulau pribadi kita harus mempunyai izin dari pemiliknya langsung yang pastinya sangat sulit untuk kita dapat kecuali kita mengenal langsung dengan pemiliknya.

Untuk pulau fungsi cagar alam kita bisa mengunjungi pulau rambut (habitat ribuan burung), pulau semak daun (habitat penangkaran penyu), pulau Pamagaran dan pulau Melintang (Taman Nasional). Keempat pulau tersebut bisa dikunjungi, namun dengan izin khusus kecuali pulau semak daun yang sudah terbuka untuk umum.

Selanjutnya pulau pemukiman atau penduduk. Pulau pemukiman di kepulauan seribu ada yang dikhususkan sebagai objek tujuan wisata, ada pula yang masih menjadi pulau pemukiman non wisata. Untuk pulau yang sudah menjadi objek wisata antara lain ; pulau Tidung, pulau Pramuka, pulau Pari, pulau Harapan, dan pulau untung jawa. sementara pulau yang masi menjadi murni pemukiman dan belum dikhususkan sebagai objek wisata antara lain pulau panggang yang dihuni sekitar 6000 lebih jiwa menurut data tahun 2015.

Kemudian pulau resort. Saat ini mulai tumbuh pulau-pulau resort baru yang dikelola oleh swasta untuk kepentingan wisata. Pulau-pulau tersebut antara lain (dimulai dari yang terdekat dari jakarta) ; pulau Bidadari, pulau Onrust (wisata sejarah), pulau Ayer, pulau Macan, pulau Alam kotok, pulau Pelangi, pulau Sepa, pulau Putri, pulau Royal, pulau Genteng kecil, dan yang paling jauh adalah pulau Pantara milik Artha Graha group yang terkenal keindahannya.

Transportasi Menuju Kepulauan Seribu

Selanjutnya kami akan berbicara tentang transportasi yang akan digunakan untuk mengunjungi Kepulauan seribu, dan pastinya yang dibicarakan adalah tentang kapal laut sebagai satu-satunya moda transportasi untuk penyeberangan antar pulau yang ada di kepulauan seribu. Ada 4 gerbang dermaga pelabuhan laut yang bisa kita pilih untuk menuju Pulau seribu antara lain :

Pelabuhan Tanjung Pasir Tanggerang

Pelabuhan Tanjung pasir Tanggerang adalah pelabuhan tradisional yang sangat kecil di pesisir tanggerang. Dari pelabuhan ini Anda akan diajak berkunjung ke pulau seribu menaiki kapal-kapal kayu tradisional kecil milik nelayan yang tentunya dengan fasilitas seadanya. Jarak ke pulau seribu dari pelabuhan ini mungkin paling dekat namun karena menaiki kapal kayu tradisional, tentunya akan menghabiskan waktu yang lebih lama, dan itupun dirokemendasikan untuk perjalanan ke pulau yang berjarak dekat saja, seperti pulau untung jawa dan pulau pari.

Pelabuhan Kali Adem Jakarta

Pelabuhan Kali adem adalah sebuah pelabuhan yang dikelola pemerintah di kawasan muara angke. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan keberangkatan dengan jumlah wisatawan paling banyak menuju kepulauan seribu. Dari pelabuhan ini kita akan menaiki kapal-kapal kayu ukuran sedang dan dengan harga yang murah, dengan kisaran 20-50 ribu rupiah untuk sekali jalan.

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta

Pelabuhan Sunda kelapa adalah sebuah pelabuhan dikawasan sunda kelapa yang sudah mulai ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Dari pelabuhan ini kita bisa menaiki kapal feri pemerintah ukuran menengah dan besar yang dioperasikan oleh Pelni.

Rute yang dibuka dari dan menuju pulau-pulau di kepulauan seribu belum terlalu banyak, hal ini dikarenakan Pelni baru mengoperasikan sekitar 2-3 armada kapal saja dalam sehari. Anda harus jauh-jauh hari memesan atau membeli tiket keberangkatan agar tidak kehabisan karena terbatasnya kapasitas kursi. Biaya transportasi dari pelabuhan ini berkisar 30 ribu sampai 60 ribu rupiah namun dengan fasilitas yang sangat baik.

Pelabuhan Marina Ancol Jakarta

Marina Ancol adalah sebuah pelabuhan kecil di Ancol Jakarta. Dermaga kapal ini merupakan sebuah dermaga keberangkatan kapal-kapal speedboat yang tergolong mewah dari dan ke pulau seribu. Kapal yang tersedia terdiri dari kapal ukuran kecil sampai ukuran besar berbahan dasar fiber baik lokal maupun kapal buatan luar negeri. Harga tiket keberangkatan dari pelabuhan ini berkisar 400 ribu (reguler boat) sampai puluhan juta rupiah (sewa kapal) untuk menuju ke Pulau seribu. Tentunya ini menjadi pilihan bagi wisatawan yang menginginkan fasilitas transport yang terbaik dan lebih mewah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang panduan cara ke Pulau seribu. Semoga hal ini bisa menjadi panduan Anda didalam memilih tujuan pulau, transportasi yang akan digunakan dan pelabuhan yang Anda pilih menuju kepulauan seribu jakarta.

Penulis : Rangga Aria (Sheila Tour)

(Jadilah penulis yang bijak dengan tidak mengcopas karya tulis orang lain tanpa aturan yang baik)

Previous post:

Next post: