7 Tips Snorkeling bagi Pemula dan tidak bisa Berenang

by sheilatour on December 20, 2017

Tips Snorkeling bagi pemula dan tidak bisa berenang – Sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar seperti pulau komodo, pulau seribu, bunaken dan lain-lain tentunya kegiatan snorkeling merupakan salah satu kegiatan wisata yang sangat disukai para wisatawan. Kali ini kami akan memberikan tips snorkeling bagi para pemula dan yang tidak bisa berenang :

1. Cek Peralatan dan perlengkapan

Sebelum melakukan kegiatan snorkeling, kita harus terlebih dahulu cek peralatan dan perlengkapan snorkeling yang akan kita gunakan, seperti masker, snorkel dan kaki katak atau fin dan life jacket yang sangat penting digunakan bagi yang tidak bisa berenang. Cek apakah snorkel masih layak pakai atau tidak, adakah kebocoran dialat tersebut, periksa masker kacamata yang akan kita gunakan apakah lensa kacanya dalam keadaan baik atau tidak. Periksa juga kaki katak atau fin berfungsi dengan baik, masih cukup lentur dan sesuai dengan ukuran kaki kita agar tidak mengganggu saat kita gunakan. Juga demikian buat life jacket yang akan digunakan apakah pas dengan ukuran badan Anda.

2. Snorkeling bersama dan jangan terlalu jauh

Selalu melakukan snorkeling bersama teman-teman Anda atau guide, jangan memposisikan diri terlalu jauh dari teman atau rombongan dan selalu patuhi instruksi dari guide. Karena terkadang karena terlalu menikmati, kita sering terlupa dan terlena sehingga Anda sudah berenang terlalu jauh dari rombongan.

3. Berlatih bernapas menggunakan snorkel

Sebelum melakukan kegiatan snorkeling, ada baiknya melakukan latihan terlebih dahulu bernapas dengan menggunakan alat snorkel. Hal ini berguna untuk membiasakan Anda bernapas dengan menggunakan snorkel pada saat di dalam air. Buatlah diri Anda senyaman mungkin dengan alat-alat snorkeling tersebut, dan yang terpenting jangan panik bila muncul kendala-kendala.

4. Berlatih membuang air yang masuk kedalam snorkel

Air laut masuk kedalam alat snorkel adalah hal yang sudah biasa dalam kegiatan snorkeling. Cara membuang air laut yang masuk tersebut sangat mudah dan Anda tidak perlu keluar dari air, cukup menarik nafas yang panjang lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air laut keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara yang kita hembuskan tersebut. Setelah itu bernapas lagi dengan normal seperti yang kita latih sebelum melakukan kegiatan snorkeling tadi.

5. Posisikan Badan senyaman mungkin saat snorkeling

Posisikan badan senyaman mungkin saat mulai berada diair, mulailah dengan mengangkat kedua kaki dari dasar dan posisikan tubuh dan muka telungkup menghadap ke bawah, buka kedua kaki dan tangan sedikit lebar dan cobalah untuk menyeimbangkan dan mengapung di atas air dengan posisi tersebut. Bernapaslah melalui mulut, lalu ayunkan kaki seperti saat renang gaya bebas atau senyaman Anda dalam menggerakan kaki.

6. Perhatikan keadaan sekitar

Selalu fokus saat berada didalam air saat melakukan snorkeling dan jangan terlena ketika anda sedang asik menikmati keindahan alam bawah laut. Kita harus selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar, lihat dan rasakan arus air laut hindari arus yang kencang, waspada akan binatang-binatang laut yang berbahaya seperti bulu babi, karang-karang berbahaya, ikan lepoh dan binatang lain yang patut anda pelajari.

7. Jangan Panik

Jangan pernah panik dalam keadaan dan kondisi apapun, karena kondisi panik akan menambah buruk keadaan. Selama Anda mengikuti instruksi guide dan tip-tips yang sudah diberikan hal-hal buruk bisa akan mudah untuk dihindari.

Penulis : Rangga Aria (Sheila Tour)

(Jadilah penulis yang bijak dengan tidak mengcopas karya tulis orang lain tanpa aturan yang baik)

Previous post:

Next post: