8 Tips Agar Tidak Mabuk Laut

by sheilatour on December 31, 2017

Tips Agar Tidak Mabuk Laut – Siapa pun sebenernya secara teori dapat mengalami mabuk laut, namun sebagian orang ada yang memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap gerakan kapal, aroma laut, bahan bakar kapal dan lain-lain. Mabuk laut terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan di dalam telinga kita yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh. Kondisi kapal yang bergerak, akan membuat lautan yang diarungi menjadi ikut bergerak. Belum lagi faktor-faktor lainnya yang menambah gejala mabuk laut tersebut muncul.

Bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan perjalanan ke pulau seperti pulau seribu, labuan bajoo, raja ampat dan lokasi lainnya, mabuk laut tidaklah menjadi masalah berarti. Namun demikian, mabuk laut akan sangat mengganggu bagi mereka yang memang tidak terbiasa merasakannya, karena mabuk laut dapat menyebabkan gejala mual, kepala pusing, dan muntah dan rasa tidak nyaman lainnya. Berikut Tips untuk menghindari atau mengurangi mabuk laut dari kami :

1. Konsumsi makanan secukupnya sebelum melakukan perjalanan laut.

Sebelum melakukan perjalanan lewat laut baiknya Anda sudah makan terlebih dahulu jangan dibiarkan perut kosong namun yang secukupnya dan jangan berlebih. Dan patut dihindari juga makanan atau minuman yang akan memperparah mabuk laut seperti makanan yang berlemak dan pedas, minuman berakohol, kopi dan makanan-makanan yang akan membuat reaksi perut menjadi mudah kembung.

2. Beristirahat yang cukup sebelum perjalanan.

Sebelum perjalanan laut dilakukan sebaiknya kita memastikan tubuh dalam keadaan fit, sudah melakukan istirahat yang cukup, tidak begadang dan habis melakukan pekerjaan berat yang memberatkan tubuh kita. Karena dengan keadaan tubuh yang fit akan semakin memperkecil faktor mabuk laut selama dalam perjalanan menuju tujuan.

3. Membawa permen dan terutama permen jahe

Permen adalah salah satu obat penawar dikala kita sedang merasa mual di saat perjalanan di kapal terutama yang rasa jahe karena jahe diyakini adalah obat penawar bagus buat menghindari mabuk laut. Baiknya kita memiliki dan membawa permen sebelum melakukan pelayaran menuju tempat tujuan.

4. Memilih spot terbaik di kapal

Spot terbaik di kapal yang mengurangi faktor mabuk laut adalah yang dekat ke jendela dan posisi paling belakang dari kapal. Karena dekat dengan jendela akan membatu kita dapat memandang luas dan sejauh mungkin, dan semakin belakang posisi tempat duduk kita dikapal maka semakin kecil guncangan ombak yang akan kita rasa. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap munculnya mabuk laut selama di perjalanan.

5. Tidur atau melihat ke luar kapal

Tidur adalah pilihan terbaik buat menghindari mabuk laut, namun apabila hal tersebut tidak dapat dilakukan maka sebaiknya kita memposisikan pandangan kita ke luar kapal dan sebisa mungkin melihat cakrawala atau objek sejauh mungkin. Ketika hal tersebut dilakukan maka kita akan mengurangi efek dari mabuk laut tersebut.

6. Hindari membaca atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih

Membaca atau aktivitas yang membutuhkan konsenterasi akan semakin memperbesar faktor mabuk laut. Maka ada baiknya Anda menghindari hal tersebut dan lebih memilih rileks dan melakukan kegiatan-kegiatan ringan lainnya selama perjalanan.

7. Gunakan pengalih perhatian ketika naik kapal

Mabuk laut kadang terjadi karena kita mempunya sugesti tersebut, maka sebaiknya kita melakukan pengalih perhatian pikiran kita seperti mendengarkan musik, gunakan aromaterapi seperti mentol atau lavendel dan kegiatan santai lainnya yang dapat mengalihkan perhatian kita dari sindrom mabuk laut tersebut.

8. Meminum Obat Anti Mual atau Obat mabuk perjalanan

Hal pamungkas yang dapat kita lakukan adalah mengkonsumsi obat mabuk perjalanan atau obat anti mual. Dengan meminum obat-obatan tersebut kita akan memproteksi tubuh dari munculnya gejala-gejala mabuk laut yang akan muncul selama perjalanan kita ketempat tujuan.

Demikian Tips dari kami, semoga bermanfaat dan yang terpenting adalah jangan terlalu banyak memikirkan mabuk laut tersebut. Anda hanya perlu rileks dan menikmati perjalanan Anda.

Penulis : Rangga Aria (Sheila Tour)

(Jadilah penulis yang bijak dengan tidak mengcopas karya tulis orang lain tanpa aturan yang baik)

Previous post:

Next post: