7 Tips Mencegah Tidak Tenggelam di Laut

by sheilatour on February 1, 2018

7 Tips Mencegah Tidak Tenggelam di Laut

 

Kepulauan Seribu Wisata sudah terkenal ke mancanegara banyak turis yang datang ke Jakarta untuk liburan ke Pulau Seribu. Pemandangan alam bawah laut pulau seribu memang sangat indah dan memiliki perairan yang jernih yang cocok untuk kegiatan snorkling dan berenang di laut, tetapi kita harus mengutamakan keselamatan. Terutama agar tidak tenggelam di laut.

Berikut tips Mencegah tidak tenggelam saat berenang di laut :

1. Melihat kondisi Cuaca

Jika langit sudah terlihat mendung walau terlihat belum turun hujan, sebaiknya keluar dari perairan dan mencari tempat untuk berteduh. Selain petir, gulungan ombak besar juga bisa jadi ancaman mendadak.

2. Menanyakan kondisi Lokasi

Sebelum berenang di tempat baru, tanya ke penjaga pantai atau melihat tanda area yang aman untuk menceburkan diri.
Sebaiknya tidak berenang di pantai yang tak memiliki penjaga pantai, karena belum tentu ada pengunjung pantai lainnya yang bisa membantu menyelamatkan orang tenggelam.

3. Jangan Panik

Bertahan untuk tidak panik ketika karena Sikap panik hanya akan membuat pikiran semakin kalut. Sikap panik mendorong seseorang lebih banyak bergerak yang akhirnya membuat jadi semakin tenggelam. Padahal, kalau bisa tenang, kamu bisa mengambang secara otomatis karena berat jenis tubuh kita lebih kecil ketimbang berat jenis air laut.

4. Tidak menyelam jika tidak tahu kedalamannya

Jangan pernah menyelam jika tidak tahu kedalamannya, terutama kepala terlebih dahulu. Karena, bukan tidak mungkin terdapat bongkahan batu besar yang bisa membuat kita cedera.

5. Melihat, tetapi jangan disentuh

Di bawah laut ada banyak kehidupan yang cantik untuk dilihat saat kita snorkeling atau diving. Meski indah dipandang, sebaiknya kita tidak mencoba untuk menyentuhnya. Menyentuh bisa jadi menyakiti hewan laut tersebut atau kita yang akan mengalami bahaya tak terduga.

6. Mengambil waktu istirahat

Akibat terlalu lama terpapar sinar matahari Kelelahan cobalah untuk beristirahat sejenak sambil minum air segar, ngemil makanan ringan, dan memakai kembali tabir surya. karena menyebabkan kulit terbakar, hipotermia, dan heat stroke atau kenaikan suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius, merupakan akibat dari terlalu lama terpapar sinar matahari.

7. Hindari Hewan Berbahaya

Hampir semua Laut di pulau seribu terdapat Bulu babi dan ubur-ubur, tetapi kebanyakan tidak cukup beracun. Namun, jika seseorang tersengat ubur-ubur / tertusuk bulu babi, maka harus segera memperoleh pertolongan medis untuk segera diobati. Oleh karena itu, selalu bertanya kepada penjaga pantai setempat mengenai lokasi yang berbahaya.

Previous post:

Next post: