Melihat Monas didalam Laut Pulau Seribu

by sheilatour on March 8, 2018

 

Suatu keunikan yang baru yang bisa Anda lihat ketika menyelam / snorkling di pulau seribu. Monas tidak hanya bisa Anda lihat di daratan saja, kini Monas juga bisa ditemukan di dalam laut perairan Kepulauan Seribu, dekat Pulau Pramuka. Monas yang ada di Kepulauan Seribu memang berbeda dengan Monas di Jakarta Pusat. Monas di Kep. Seribu berada di perairan laut dengan kedalaman 5 meter.

Tidak percaya? Coba saja menyelam langsung di daerah Gosong Pramuka. Anda pun bisa melihat monas berdiri tegak di perairannya. Monas versi Kepulauan Seribu cukup unik, karena dikelilingi oleh rak-rak terumbu karang yang di budidayakan.

Monas yang di laut ini tingginya 2,5 meter. Ada di kedalaman 5 meter saja, jadi bisa dilihat oleh siapa saja yang sedang snorkeling atau pun diving

Jika menyelam atau pun snorkeling di sekitar Gosong Pramuka wilayah area perlindungan laut sebelah utara, Anda bisa melihat Monas yang dikelilingi terumbu karang. Monas dan terumbu karang disekelilingnya pun disebut dengan Jakarta Coral Garden

Jakarta Coral Garden memang sengaja dibuat sebagai wujud kepedulian pada kerusakan terumbu karang, terutama Kep. Seribu. Terumbu karang di Kep. Seribu memang semakin memprihatinkan, sampah yang menumpuk menyebabkan kematian pada terumbu.

Untuk meningkatkan kepedulian, terutama penyelam di Kep. Seribu, maka dibangunlah Jakarta Coral Garden. Terumbu karang yang ditanam di sekitar Monas diletakkan dalam rak. Ada kurang lebih 12 rak yang mengelilingi Monas, masing-masing rak berisi 16 bibit terumbu untuk untuk menyelamatkan laut.

Previous post:

Next post: