Pesona Pulau Tikus Kepulauan seribu Jakarta

by sheilatour on April 29, 2018

Pulau Tikus?, mendengar namanya mungkin Anda akan bertanya-tanya pulau apa dan dimana yang dinamakan pulau tikus, dan juga mungkin terbesit pertanyaan kenapa dinamakan pulau tikus? apa disana banyak dihuni banyak jenis tikus? pertanyaan-pertanyaan di pikiran Anda akan saya coba jawab dengan menjelaskan keberadaan Pulau tikus salah satu pulau yang ada di Pulau seribu Jakarta.

Pulau Tikus, merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Secara geografis, Pulau Tikus terletak pada koordinat 5°51’22,9”–5°51’24” LS dan 106°35’11,9”–106°35’16,1” BT, dan masih termasuk dalam wilayah gugusan Pulau Pari. Luasnya sekitar 1,2 hektar. Saking kecilnya, kita hanya butuh 15 menit berjalan kaki untuk menjelajah keseluruhan pelosok pulau. Pulau ini sangat dikenal bagi para pencinta wisata pulau seribu, karena pulau ini merupakan salah satu spot favorit yang dituju untuk kegiatan snorkeling bagi Anda yang berwisata ke Pulau Pari.

Untuk menuju pulau Tikus kita harus transit terbelih dahulu ke Pulau Pari, bisa menggunakan kapal cepat dari Ancol atau kapal tradisional dari Kali adem. Setelah tiba di Pulau Pari kita bisa menyewa kapal kecil menuju Pulau Tikus yang memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih.

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, jadi dipulau ini belum ada keberadaan homestay atau rumah yang bisa kita sewa untuk menginap. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung di pulau ini akan menginap di pulau Pari atau memesan paket camping dengan menggunakan tenda apabila pergi secara berkelompok.

Daya Tarik

Pulau Tikus memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Air laut yang masih jernih, biota laut dengan beragam jenis, yang membuat pulau ini sangat disukai para pencinta wisata laut, jauh dari bayang-bayang nama Tikus yang terkenal jorok dan tidak bersih.

Pulau Tikus merupakan sebuah pulau cantik yang sangat indah. Ratusan ikan warna-warni dan hamparan karang yang elok akan menemani Anda saat melakukan snorkeling di perairan sekitar pulau. Hal ini yang membuat kita akan merasa berada di kerajaan bawah laut kepulauan seribu yang sangat kita cintai.

Fasilitas

Pulau Tikus belum memiliki fasilitas wisata maupun fasilitas lengkap yang mendukung Pulau Tikus sebagai pulau wisata. Namun beberapa fasilitas walau sangat minim telah dibuat oleh swadaya masyarakat sekitar pulau. Antara lain :

– Area Camping
– Area Snorkling, Diving
– Tempat Istirahat
– Penyewaan Perahu kecil

Sebagai pencinta Kepulauan seribu, sungguh kami berharap semoga kepedulian baik pihak pemerintah maupun swasta dapat mengangkat potensi pulau tikus menjadi salah satu objek wisata yang lebih besar dari saat ini.

Previous post:

Next post: