Bandara yang Terlupakan di Pulau Seribu

by sheilatour on May 2, 2018

Pulau Seribu itu punya bandara di Pulau Panjang , penyataan tersebut memang terdengar asing di telinga kita, dikarenakan kebanyakan masyarakat Jakarta hanya mengetahui bandara besar seperti Bandara Soekarno Hatta , Halim Perdana Kusuma , dan Bandara Pondok Cabe.

Secara Administrasi, Bandar Udara Pulau Panjang berada di Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Wilayah Kecamatan Pulau Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Panjang ukuran landasan pacu bandara ini 900M dan mempunyai Lebar 23 m. Kalau dilihat panjang dari Landasan pacunya hampir memenuhi panjang dari pulau ini. Pada tahun 2006 Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu telah merencanakan pengembangan Bandar Udara Pulau Panjang. Rencananya, Pemerintah akan mengembangkan ukuran landasan pacunya menjadi panjang 1400M dan Lebar 30M, dengan lebar shoulder 150 meter, spesifikasi tersebut masuk kedalam Type Bandar Udara Kelas III C, yang akan bisa digunakan untuk pesawat berpenumpang 50 orang seperti pesawat ATR atau sejenis pesawat ATR 72 dan MA 60 bisa mendarat mulus di bandara ini.
Dengan adanya pengembangan bandara tersebut, diharapkan Bandar Udara Pulau Panjang akan dapat mendongkrak wisata di Pulau Seribu. Selain memiliki landasan pacu, Pulau Panjang juga memiliki sejumlah bangunan Penginapan seperti villa dan pulau ini memiliki dermaga yang terbuat dari kayu yang saat ini terbengkalai.

Sangat disayangkan, padahal potensi yang terdapat di pulau panjang ini sangat bagus untuk pariwisata, karena pulau panjang ini punya pantai yang cenderung landai dan berhiaskan pasir putih. Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan “Saya menjejakkan kaki di sleeping giant yaitu raksasa yang masih tertidur sekarang. Karena ini akan menjadi raksasa pariwisata Indonesia. Ini adalah momentum pembangunan kita. Sudah ada dibangun landing street di pulau Panjang ini,” ujar beliau ketika mengunjungi Pulau Panjang, Kepulauan Seribu, pada Selasa (27/2/2018).
“Kita pastikan legalitas dari aset ini tiada masalah. Nanti kita akan coba masukkan. Mudah-mudahan kalau bisa dipercepat, di APBD perubahan atau di 2019 kita akan wujudkan,” ucap Beliau.
Semoga dengan adanya rencana pengembangan ini di Pulau Panjang, dapat mendongkrak pariwisata pulau seribu.

Penulis : Mamet Berce

Previous post: