Hal Menarik Tentang Pulau Seribu

by sheilatour on May 22, 2018

Hal Menarik Tentang Pulau Seribu

Pulau Seribu, atau lebih tepatnya kepulauan seribu merupakan kepulauan yang ada di wilayah Administrasi DKI Jakarta, Tepatnya di Wilayah Administrasi Kepulauan seribu. Banyak hal menarim ytang ada di pulau seribu yang tidak banyak diketahui oleh warga DKI jakarta. Berikut beberapa Hal Menarik yang ada di Kepulauan Seribu yang akan kami jabarkan.
1. Namanya Tidak Saesuai Jumlah Pulau nya
Kepulauan seribu, banyak terlintas kalau pulau seribu itu pulaunya ada ribuan.
Faktanya pulau seribu hanya memiliki 110 Pulau dengan total keseluruhan Luas Wilayah ADM 7.005,76 KM2,dengan Wilayah Laut Seluas 6.997 KM2, dan Wilayah Daratan 8,76 KM2. (lihat http://pulauseribu-resorts.com/?p=4827).

2. Hanya Memiliki 11 Pulau Berpenghuni
Dari Banyaknya Pulau yang ada di kepulauan seribu, hanya terdapat 11 Pulau yang berpenghuni. Nama pulau – pulau tersebut adalah, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira.

3. Salah Satu Destinasi Favorit Warga Jakarta
Sejak Boomin gnya Pulau Tidung tahun 2008, Nama pulau seribu semaikin meroket. Ditambah lagi bahasan di media-media sosial turut menyumbang terkenalnya kepulauan seribu bagi warga DKI Jakarta, wisatawan Domestik, Hingga Manca Negara. Tertcatat kurang Lebih ada 10.000 pengunjung setiap bulannya.

4. Flora dan Fauna laut yang Beragam
Berdasarkan data resmi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, setidaknya ada 54 jenis karang lunak dan keras di taman laut nasional Kepulauan Seribu, itu termasuk 144 jenis ikan, dua jenis kima, tiga kelompok ganggang seperti Rhodophyta, Chlorophyta, dan Phaeophyta, enam jenis rumput laut, seperti Halodule sp., Halophila sp., dan Enhalus sp., serta 17 jenis burung pantai.

5. Punya Nama Pulau yang Aneh
Kepulauan Seribu Punya beberapa nama Pulau yang terdengar unik di masyarakat, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka. Pulau – pulau tersebut bukan sembarang dinamai, karena pulau – pulau tersebut memiliki history tersendiri tentang penamaan pulau tersebut.

6. Punya Kuliner yang Khas
Seperti hal nya daerah” yang ada di Indonesia, Pulau seribu juga memiliki makanan Khas, nama makanan khas tersebut adalah, Kue Puk Cue, Kue Macho, Kripik Sukun, Sari Rumput Laut, Kue Atom, Kue Talam Ikan, Kue Sengkulun, Kue Selingkuh, dan Sambal Beranyut, Unik ya namanya, mesti kita coba nih travelers.

7. Habitat Asli Maskot Jakarta
Kepulauan Seribu merupakan tempat Habitat asli Burung Elang Bondong yang merupakan maskot DKI Jakarta. Habitat asli Elang Bondol tersebut berada di Pulau Kotok. Di kawasan ini, burung yang terkenal buas ini dirawat dengan baik. Perawatan dilakukan sampai usia di mana burung-burung tersebut bisa dilepas untuk kembali ke habitat aslinya. Perawatan dan pemeliharaan yang baik secara berkala untuk elang bondol di Pulau Kotok ini membantu pelestarian elang yang dapat terbang hingga mencapai ketinggian 1.500 meter ini. Kandang yang terbuat dari net dibangun mirip dengan habitat asli elang bondol. Ini dilakukan untuk membuat elang seakan hidup di alamnya dan membuat elang dapat beradaptasi kembali dengan suasana kehidupan aslinya.

Ini adalah beberapa hal menarik yang ada di pulau seribu, Semoga Bermanfaat Guys…

Previous post: