Taman Nasional Kepulauan Seribu

by sheilatour on September 11, 2018

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah utara Jakarta yang menyimpan kekayaan Hayati. Taman Nasional Laut Kepulauan seribu terbentang seluas 107.489 hektar di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Secara administratif kawasan TNKpS terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni:

  • Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.
  • Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan dan Kelurahan Pulau Panggang.

Saat ini, telah teridentifikasi 7 jenis lamun di TNKpS, 18 jenis rumput laut, 24 jenis mangrove. Vegetasi pantai terdiri dari butun, kelapa, nyamplung, ketapang, jeruju, lempeni, pandan laut, pembabe, prepet, waru laut, bakung, cemara laut, nangka-nangka, lawar-lawar, kampak-kampak, lebar daun.
Jenis ikan yang dijumpai di dalam TNKpS terdapat 31 famili dengan kurang lebih 232 jenis. Untuk karang, telah terdetekasi 60 genera dari 80 genera yang ada di Indonesia. Genera terbesar adalah Acropora, Galaxea, Lobophyllia, Euphyllia, Goniopora, Turbinaria, Heliofungia, Trachyphyllia, dan Catalaphyllia (16 famili dan 78 spesies).

Jenis ikan yang dijumpai di dalam TNKpS terdapat 31 famili dengan kurang lebih 232 jenis. Untuk karang, telah terdetekasi 60 genera dari 80 genera yang ada di Indonesia. Genera terbesar adalah Acropora, Galaxea, Lobophyllia, Euphyllia, Goniopora, Turbinaria, Heliofungia, Trachyphyllia, dan Catalaphyllia (16 famili dan 78 spesies)..
Jenis burung yang berhasil diidentifikasi adalah 29 jenis.
Beberapa jenis kima, yaitu kima pasir (Hippopus hippopus), kima sisik (Tridacna squamosa), kima lubang (Tridacna crocea), dan kima besar (Tridacna maxima).
Fauna darat yang sering terlihat di daratan pulau salah satunya adalah biawak (Varanus salvator). Beberapa mamalia laut yang ada/pernah ada adalah lumba-lumba dan dugong. Saat ini dugong tidak ditemukan di kawasan TNKpS.
Tiga tipe ekosistem laut di kawasan TNKpS:
a) Ekosistem pantai/pesisir laut yang didominasi oleh tumbuhan pantai yang hidup di darat, tumbuhan pantai yang hidup di daerah peralihan antara darat dan air seperti mangrove, dan tumbuhan yang hidup di dalam air seperti lamun.
b) Ekosistem terumbu karang dibentuk oleh 3 tipe karang, yaitu karang tepian (fringing reef), karang penghalang (barrier reef) dan karang atol (atol reef).
c) Ekosistem laut dangkal merupakan satu-kesatuan tempat hidup biota laut yang saling terkait. Contoh ikan badut dengan anemon,, penyu sisik dengan terumbu karang, penyu hijau dengan rumput laut dan lamun, dsb.
Berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Seribu ini memang sangat menyenangkan, karena selain bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Anda dapat menjumpai aneka ragam flora dan fauna yang berlimpah, pemandangan yang belum tentu dapatkan sewaktu berkunjung ke area wisata lain.

Previous post:

Next post: