Tips Jika Tertusuk Duri Ikan Baronang

by sheilatour on October 4, 2018

Tips Jika Tertusuk Duri Ikan Baronang

Ikan beronang dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda satu sama lain seperti di Pulau Sribu dinamakan kea-kea, di Jawa Tengah dengan nama biawas dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan dengan sebutan samadar.
Ikan beronang termasuk famili Siginidae dengan tanda-tanda khusus sebagai berikut tubuhnya membujur dan memipih latural, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal. Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit.
Ikan Baronang merupakan ikan laut yang beracun, Duri-duri ikan baronang dilengkapi dengan kelenjar bisa/racun pada ujungnya. Racun ikan baronang tidak mematikan bagi manusia dewasa, akan tetapi dapat menimbulkan rasa sangat sakit dan bahkan sampai berhari-hari hilang rasa sakitnya.
cara menghilangkan racun ikan baronang

Usahakan jangan panik dan kurangi gerakan yang tidak perlu atau istirahatkan korban. mengobati racun ikan baronang pada pertolongan pertama Sedot / hisap pada luka sampai darah keluar, INGAT !!! harus dimuntahkan dan usahakan cuci mulut sehabis menghisap.

Untuk menghilangkan efek racun dari patil baronang bisa juga menggunakan resep tradisional :

1. Pakai minyak tanah, aplikasinya dioleskan kebagian tubuh yg terkena patil
2. Pakai air seni / air kencing, baik dari anda yg terkena patil, atau teman negeg anda hahahah
3. Pakai pangkal ekor baronang, caranya hanya oleskan dan tempelkan bagian tubuh anda ke pangkal ekor baronang selama kurang lebih 1 menit, rasa sakit akan segera hilang
Untuk obat tertusuk duri ikan atil baronang bisa juga menggunakan resep sebagai berikut:
1. Bila membawa obat – obatan segera diobati dengan obat antiracun/bisa dan segera minum obat penghilang rasa sakit. Pemberian antibiotik kalau dianggap perlu saja sebab antibiotik hanya untuk mengobati infeksi bukan anti racun/bisa.

Tanda dan gejalanya terkena ikan beracun.
Ikan baronang dapat menyebabkan nyeri dan kemerahan. Ini juga umumnya menyebabkan lemas, berkeringat, demam, muntah, kram otot, kelumpuhan, atau bahkan terkejut.

Hal yang perlu dilakukan untuk pencegahan
Melindungi diri Anda merupakan cara terbaik supaya tidak mengganggu makhluk laut. Ketika Anda pergi ke pantai, baca tanda peringatan terkait ubur-ubur atau makhluk laut berbahaya lainnya di dekat area.

Menjauh dari perahu nelayan dan hindari air jika kaki anda berdarah karena darah bisa menarik perhatian hiu dari jarak bermil-mil jauhnya. Bila Anda melihat hiu, tinggalkan air secepat dan setenang mungkin.

Bila Anda berjalan di dalam air dangkal Seret kaki, jangan melangkah, jika Anda berjalan di dalam air laut. , menyeret kaki Anda bisa membantu Anda menghindari menginjak hewan. Binatang juga mungkin akan merasakan kedatangan Anda dan pergi menjauh.

Jangan menyentuh hewan laut, termasuk bagian dari mereka—bahkan jika mereka sudah mati. yang terpenting selalu mengenakan sepatu khusus di dalam air juga merupakan ide yang bagus untuk pencegahan.

Previous post: