Tips berlibur di cuaca yang tidak pasti

by sheilatour on February 16, 2019

Setiap orang memiliki jam kerja dan produktifitas yang berbeda. Tapi jika kita berbicara untuk tetap menjaga kesegaran batin dan me-refresh otak yang penat, hampir setiap orang memiliki cara yang sama, yaitu liburan. Ya, liburan adalah salah satu metode yang paling sering kita jalankan untuk sekedar menyegarkan kembali pikiran dan tubuh yang lelah. Berlibur bisa jadi satu-satunya cara juga agar setiap orang dapat berkumpul dengan keluarga dan menikmati momen kebersamaan yang indah. Satu hal yang sering kali menjadi pusat perhatian orang untuk berlibur selain budget dan menentukan lokasi wisata adalah cuaca. Keseruan momen di tiap-tiap lokasi wisata pun seringkali bergantung pada kondisi cuaca pada hari tersebut. Karena jangan sampai cuaca yang buruk mengganggu trip perjalanan anda yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Lalu bagaimana cara untuk mempersiapkan liburan anda di kondisi cuaca yang tidak menentu? Berikut adalah tips dan ulasan dari kami.

 

Cek lokasi wisata

Cuaca sangat-sangat berpengaruh pada kondisi lokasi wisata. Jika anda ingin pergi ke lokasi wisata gunung atau pantai, pasti cuaca akan sangat berpengaruh ke waktu anda berlibur disana. Curah hujan tinggi, angin, ataupun cuaca lainnya akan sangat menentukan keseruan anda di hari liburan anda. Maka dari itu, sangatlah penting menentukan lokasi wisata yang tidak terlalu berpengaruh pada cuaca.

 

Cek tanggal liburan

Biarpun sekarang cuaca sulit untuk di prediksi, sebaiknya tetap menentukan tanggal liburan di musim-musim tertentu. Setidaknya pra-kiraan cuaca meleset jauh menjadi kecil dan anda dengan keluarga atau teman tetap dapat berlibur dengan riang gembira.

 

Cek BMKG atau BNPB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disingkat BMKG), adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Anda dapat mengecek prakiraan cuaca tanggal liburan anda di kalender yang tersedia di website https://www.bmkg.go.id/. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (disingkat BNPB) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam: mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanganan bencana dan kedaruratan secara terpadu; serta melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan. Anda dapat mengecek surat edaran mereka tentang larangan kunjungan wisata atau tempat dengan tingkat waspada cuaca yang di unggah di website www.bnpb.go.id/.

 

Hubungi Travel Agent terpecaya

Memang sedikit tricky untuk menemukan travel agent yang berkata jujur tentang kondisi cuaca yang terjadi di lokasi wisata paket perjalanan yang mereka jual. Anda dapat membandingkan beberapa kondisi tersebut dengan data yang sudah anda dapatkan dari tips yang kami bagikan sebelumnya. Karena secara tidak langsung agent yang bersangkutan paham dengan kondisi lokasi wisata yang ingin anda kunjungi. Seperti contoh, jika anda ingin berwisata ke Pulau Seribu, anda dapat menanyakan langsung kondisi cuaca dan kesiapan akomodasi pada hari H liburan anda ke 08158781517 (hotline).

 

Demikian tips dan trik untuk anda yang ingin berlibur bersama teman atau keluarga, semoga dapat membantu dan selamat berlibur!

 

Cheers

 

Alvin Bolang

Previous post:

Next post: