Geliat Pariwisata Pulau Seribu

by sheilatour on August 12, 2014

Pulau Seribu adalah kepulauan yang terletak di perairan Teluk Jakarta, yang terbentang lebih dari 100 km dan mempunyai luas sekitar 10.000 ha lebih. Tercatat seratus pulau lebih ada disana, yang terdiri dari beberapa kelompok besar dan kecil pulau di Kepulauan Seribu. Pulau Seribu sendiri terbagi menjadi pulau pariwisata, konservasi, pulau sejarah, dan pulau untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perbedaan karakteristik setiap pulau.

Kepulauan seribu merupakan sebuah kabupaten di bawah kendali pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dan dipimpin oleh seorang Bupati yang kantor pusat pemerintahannya terletak di Pulau Pramuka. Sebagai ibukota kabupaten, Pulau Pramuka memiliki infrastruktur lengkap seperti gedung sekolah, fasilitas olahraga, sistem keamanan terpadu, berbagai fasilitas kesehatan dan rumah sakit serta ditunjang dengan moda transportasi khususnya penyebrangan antar pulau menggunakan kapal laut.

Ada beberapa pulau yang sudah terdaftar sebagai pulau yang dimaksudkan untuk pulau tujuan wisata. Di antara pulau-pulau yang termasuk dalam Kepulauan Seribu, 9 (sembilan) diantaranya telah dijadikan sebagai pulau khusus pariwisata resort. Kesembilan pulau tersebut yaitu Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pelangi, Pulau Alam Kotok, Pulau Macan, Pulau Putri, Pulau Pantara, dan Pulau Sepa. Seluruh pulau pariwisata tersebut sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai dan bahkan lengkap serta dikelola dengan baik dan profesional oleh pihak swasta.

Dengan kemajuan yang sudah dicapai sekarang dan dukungan yang semakin besar dari Pemda DKI Jakarta, bukanlah sebuah impian bila suatu saat Pulau Seribu dapat menjadi Primadona pariwisata dan tujuan utama object wisata dalam negeri bahkan terkenal sampai Manca negara.  (Info Kepulauan Seribu)

 

Next post: