Pulau Seribu sebagai pesaing Pulau Bali?

by sheilatour on September 20, 2015

Pulau SeribuPulau Seribu sebagai pesaing Pulau Bali, ya hal itulah yang disampaikan Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan sapaan Ahok Gubernur DKI Jakarta. Beliau mengungkapkan bahwa Pulau Seribu memiliki wisata bahari yang tidak kalah dengan Bali. Mungkin sebagian orang akan berkata itu hanya sebuah bentuk promosi sang Gubernur untuk mendongkrak popularitas wisata daerahnya. Namun apabila dilihat dari sisi objektif harusnya Kita harus berkata jujur bahwa hal tersebut sangatlah mungkin terjadi. Jadi bukan sebuah omong kosong keindahan pantai dan laut Bali yang mampu menarik banyak wisatawan mungkin akan segera mendapatkan saingan baru dari Jakarta.

Selama beberapa dekade, keberadaan Pulau-pulau di kepulauan seribu memang seperti rahasia yang belum terungkap dan tersimpan di Teluk Jakarta. Baru beberapa tahun belakangan wisata Pulau seribu mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia dan mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Dan patut diakui peran pemerintah khususnya pemerintah daerah DKI Jakarta dalam mengembangkan Kepulauan Seribu selama ini belumlah optimal. Potensi besar yang dimiliki kepulauan seribu belum dapat seluruhnya dapat muncul kepermukaan. Namun dengan perubahan nyata yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta akhir-akhir ini, di yakini hal tersebut akan memunculkan perubahan yang sangat besar terhadap perkembangan wisata Pulau Seribu.

Apabila kita berkaca dari data-data statistik, kita akan menemukan bahwa wisata pulau seribu sudah menuju kepada perkembangan yang sangat positif. Data statistik yang di ambil dari ASITA Bali (Perkumpulan travel agent Pulau Bali) menunjukan total wisatawan ke Pulau Bali di tahun 2014 berjumlah kurang lebih 10 juta wisatawan baik domestik maupun mancanegara, Sementara menurut data dinas pariwisata DKI Jakarta pada tahun yang sama jumlah wisatawan ke Pulau Seribu berjumlah kurang lebih diangka 2 juta wisatawan. Jadi sudah mencapai 1/5 jumlah wisatawan yang ke Pulau Bali.

Bayangkan dengan potensi wisata yang belum serius digali seperti wisata Bali, Pulau Seribu sudah mencapai 1/5 dari total kunjungan wisatawan ke Pulau Bali. Tentunya hal ini adalah suatu data yang sangat mencengangkan dan menunjukan seberapa besar potensi wisata Pulau Seribu.

Dengan niat serius Pemerintah DKI Jakarta yang didukung pemerintah pusat dan masyarakat Jakarta, diyakini dalam jangka tidak lama lagi wisata Pulau seribu akan menjadi pesaing baru wisata Pulau Bali.

 

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT :

Previous post:

Next post: