Categories: blog

Alasan Pulau Seribu Begitu Istimewa

Share

alasan pulau seribu begitu IsitimewaAlasan Pulau seribu begitu istimewa, benarkah demikian?

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika ingin berkunjung ke Jakarta? Macet, Panas, Padat, air Sungai yang hitam. Eits nanti dulu, Anda pastinya tau kepulauan seribu berada di teluk jakarta dan sudah lama menjadi salah satu bagian administratif jakarta tepatnya di utara jakarta. jadi ketika Anda membayangkan macet, panas, padat, air sungai yang hitam itu semua akan sirna ketika Anda sampai di pulau seribu.

Kepulauan Seribu terkenal dan di sebut sebagai surganya jakarta, dengan demikian pulau seribu dijadikan tempat terbaik yang ada di Jakarta. Maka tidak heran kenapa pemerintah menjadikan kepulauan seribu sebagai destinasi pilihan/prioritas pengganti destinasi wisata bali kedepannya.

Kali ini kita akan bahas alasan pulau seribu begitu istimewa?

1. Memiliki Ratusan Pulau

Pulau Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar di teluk jakarta. Tediri dari sekitar 342 pulau yang terdata, namun 110 yang diantaranya sudah dipastikan sudah berbentuk daratan yang tetap, ada beberapa yang masih menjadi pulau gosong yang timbul tenggelam mengikuti pasang.

2. Hutan Mangrove

Pada beberapa wilayah bagian di kepulauan seribu memiliki hutan mangrove yang lebat dan subur. Keberadaannya sangat berfungsi untuk memelihara keasrian pulau dan menjaga abrasi air laut. Dengan adanya hutan mangrove ini banyak flora fauna hadir di kepulauan ini.

3. Tempat Migrasi Burung Dunia

Tahukah Anda pulau seribu adalah salah satu tempat destinasi migrasi jutaan burung didunia untuk melakukan kembang biak. Anda bayangkan dalam satu waktu kepulauan seribu tepatnya di pulau rambut akan menghadirkan jutaan burung dari berbagai spesies dan dari belahan dunia lain dalam waktu yang bersamaan.

4. Penangkaran Penyu

Sebagian wilayah dari gugusan pulau seribu menjadi tempat pilihan untuk konservasi penyu sisik. Habitatnya yang mulai berkurang dan jumlahnya yang hampir punah membuat kepulauan seribu menjadi salah satu lokasi penangkaran terbaik yang alasmi dan favorit penyu sisik untuk bertelur. Jika Anda beruntung suatu saat akan merasakan sensasi melepas tukik penyu ke alam liar untuk menjaga kelestarian penyu sisik.

5. Menjadi Wilayah rebutan antara penjajah & kerajaan

Kepulauan seribu dari dahulu sampai waktu dewasa ini selalu menjadi tempat rebutan wilayah antara negara-negara yang datang ingin menjajah, kerajaan-kerajaan yang ingin memperluas wilayah kerajaannya bahkan antara pemda jakarta dan pemprov banten belum lama ini. Tentunya hal ini semakin menunjukan bagaimana kepulauan seribu memiki magnet besar yang menjadikannya wilayah yang special. (ican/sheila tour)

sheilatour