Kepualauan Seribu terapkan PSBB agar steril dari covid-19

by sheilatour on April 28, 2020

Kepualauan Seribu terapkan PSBB agar steril dari covid-19

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu membatasi transportasi ke wilayah mereka. Hal itu dilaksanakan demi menjaga agar wilayah Kepulauan Seribu tetap terbebas dari Covid-19.

Warga ber-KTP Kepulauan Seribupun tak semua diperkenankan keluar dan masuk wilayah. Mereka yang bolak balik wilayah tersebut harus memiliki alasan khusus sebelum diizinkan berangkat. Bahkan, Pemkab Kepulauan Seribu mencatat tujuan dan kepentingan warganya yamg meninggalkan Pulau.
Sehubungan dengan adanya aturan larangan mudik yang diterbitkan Menteri Perhubungan, mulai tanggal 24 April 2020 sudah tak ada lagi kapal angkutan penumpang dari Dermaga Kali Adem menuju Kepulauan Seribu. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi.
Demi kelancaran segala aktivitas tim medis kepulauan seribu maka hanya Dermaga Marina Ancol yang tetap di buka dengan menggunakan kapal yang sama dari perhubungan.
Selain itu, kapal yang mengangkut kebutuhan pokok warga Kepulauan Seribu semuanya juga dialihkan ke Dermaga Marina. Presiden Joko Widodo melarang seluruh warga mudik ke kampung halaman. Warga yang dilarang mudik ialah mereka yang berasal dari daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta daerah zona merah Covid-19 lainnya.
Pelarangan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Covid-19. Salah satu aturan yang diatur dalam Permenhub tersebut ialah larangan sementara transportasi laut yang diatur dalam Pasal 14. Adapun aturan ini diterapkan sampai tanggal 31 Mei 2020 mendatang.

Create by:
Asep Budiawan

Previous post:

Next post: