Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh di Kepulau seribu Jakarta

by Asep Budiawan on January 14, 2021

 

Kapal Sriwijaya Air Jatuh Pulau Seribu

Indonesia kembali berduka, Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pesawat rute Jakarta-Pontianak di gugusan Kepulau seribu Jakarta tepatnya dekat pulau lancang yanng hilang kontak sekitar pukul 14.40 WIB pada Sabtu 9 Januari 2021 pukul 14.40 WIB

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 langsung menjadi sorotan dunia. Empat negara sahabat sudah mengucapkan belasungkawa kepada pemerintah Indonesia atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 mengangkut 62 orang. Sebanyak 40 orang merupakan penumpang dewasa, tujuh orang adalah anak-anak, tiga lainnya bayi, dan 12 merupakan kru pesawat. Dari 12 kru yang ikut dalam penerbangan Sriwijaya Air SJ182, enam orang merupakan awak kabin dan pilot yang sedang bertugas, sedangkan enam lainnya sebagai penumpang atau extra crew (XCU).

pesawat Sriwijaya Air SJ-182 jatuh ke laut masih menjadi misteri.Kepastian akan kronologi jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 beserta penyebabnya diperkirakan akan terungkap saat Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menyelesaikan investigasi melalui kotak hitam atau black box Sriwjaya Air SJ 182.

Dugaan sementara mengenai kronologi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 disampaikan oleh sejumlah pihak. Diduga mesin pesawat dalam kondisi hidup dan pesawat tidak meledak sebelum akhirnya terjun ke laut. Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono menduga mesin pesawat Sriwijaya Air SJ 182 masih hidup sebelum akhirnya pesawat terjun ke laut.

Dugaan itu dikemukakan berdasar fakta pesawat tercatat berada pada ketinggian 250 kaki sebelum hilang kontak. Hal itu terekam dalam data radar (ADS-B) dari Perum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia).

Previous post:

Next post: